Desain pemerintah ala swasta

Pertama kali aku berkunjung ke situs Kementerian Desain RI yang diarsiteki oleh Wahyu Aditya (menyebut diri sebagai Mas Gembol), aku langseung demen banget. Dia mengejawantahkan arti dari keindahan dan dikaitkan dengan karakter si empunya desain. Dia juga bilang lewat situs, acara Talkshow di TV,  bahwa salah satu keinginannya adalah ia ingin mempercantik Indonesia dengan konsep-konsep desain yang segar dan cantik, merubah desain-desain yang selama ini terkesan kaku dan tidak modern. "Masak logo HUT Kemerdekaan tiap tahun kok sama terus, cuma ada angka dan ditambah bendera, nanti kalau makin tua makin ramai dong benderanya", begitulah kurang lebih yang sering ia utarakan. "Sepakat mas Gembol!!"


Sebagai desainer amatiran, aku juga ngerasa kok spanduk, banner, baliho, poster, dan segala macam atribut pemerintahan sepertinya terlalu kaku dan bikin eneg. Coba deh lihat sendiri media-media informasi itu di sekitar kamu. Monoton banget kan ya?? Gak cuma di instansi pemerintah, di BUMN pun hal ini terjadi. Spanduk-spanduk yang dipasang mereka cuma berisi tulisan, itupun kecil-kecil, dan sama sekali tidak menarik dilihat. Bukan hanya pada atribut atau media-nya, pada beberapa logo instansi pemerintah pun sepertinya dibuat tanpa perhitungan ataupun pertimbangan matang tentang nilai artistik dan filosofisnya. Padahal saat ini sudah cukup banyak desainer logo profesional yang siap membantu mereka, pun dengan harga yang sebenarnya masih terjangkau untuk sebuah logo yang bertahan sampai bertahun-tahun. Toh, dengan logo yang indah dan modern, media-media informasi yang menarik dan atraktif, tentunya akan mampu mencitrakan image positif pada instansi itu sendiri. Kesan kaku dan tidak ramah sudah saatnya ditinggalkan oleh para birokrat, karena saat ini yang dipercaya masyarakat adalah instansi publik yang ramah, transparan, cepat, dan merakyat.


Entah kenapa naluriku meledak-ledak kayak gini ya...
Aku sadar, sepertinya aku belum bisa berbuat banyak untuk mengaplikasikan keresahanku layaknya Mas Gembol yang sudah sangat mumpuni dengan lukisan-lukisannya di layar digital. Namun, kucoba menghapus geregetanku dengan menciptakan aneka karya desain di KPPN Wamena, seperti buku profil, spanduk, kaos, paperbag, backdrop, banner, dll. Mungkin ada orang yang suka dan juga yang tidak, karena selera orang memang tak bisa dipaksa. Namun, sejauh ini aku masih dipercaya memegang peran ini di sini, karena mayoritas pegawai  menyukainya. Coba lihat gambar di bawah ini, dalam buku profil KPPN Wamena yang telah selesai kubuat, aku berani membuat gambar para pegawai layaknya gambar-gambar cover film. Agak lucu memang... tapi mungkin karena ini baru awal-awal, dan kebetulan aku belum mahir photoshop. Setidaknya aku sudah berusaha. Hehe.. Juga ada cover depan dan belakang buku profil serta satu dari contoh backdrop yang kubuat. Semoga bisa membuat desain pemerintah menjadi seperti swasta dengan menampilkan kesan profesional, modern, ramah, dan merakyat. Cekidot


Foto para pejabat














Foto para pegawai Seksi PD

Foto para pegawai seksi Bank/Giro Pos
Foto para pegawai Seksi VERA



Foto para pegawai Subbag Umum

Foto beckdrop Penyerahan DIPA 2012
Cover depan buku Profil

Cover belakang buku Profil

Komentar