Seandainya saja..

Seandainya saja, Ia berhenti mencurahkan rahmat-Nya, mungkin aku sudah sekarat, mampus, tak bernyawa..
Seandainya saja, Ia menurunkan azab-Nya saat ini juga, sungguh aku akan hancur, hilang, pecah berkeping-keping..
Seandainya saja, aku tak pernah mendapat hidayah-Nya, pasti aku sudah menjadi sampah, terombang-ambing dalam lautan kenistaan yang tanpa batas..

Apalah aku ini, hanya setitik di hamparan jagad raya
Apalah aku ini, yang tak berdaya dibandingkan kuasa-Nya
Alhamdulillah, hanya itu yang bisa kuucapkan
Ketika nafas, indera, hati, dan pikiran masih beraksi sebagaimana mestinya

Seandainya saja, idealisme itu tidak ada, mungkin yang pantas memakan daging badan ini hanyalah neraka..
Seandainya saja, hati nurani ini sudah begitu kotor, tentu maksiat akan menjadi kebutuhan bukan pilihan..
Seandainya saja, aib menjadi bukan sebuah rahasia karena-Nya, maka malu akan membayangiku sepanjang usia..

Dunia, mengapa engkau begitu mempesona
Harta, tahta, dan wanita selalu saja menyilaukan mata,
Kenikmatan yang nyata padahal hanya sementara,
Hingga ku dilupakan akan tujuan yang sebenarnya..
Astaga..

Maka,
Kembali ku mengenang
Sosok garang tetapi berhati tenang
Amirul Mukminin yang begitu zuhud karena bimbang
Apakah selamat di hari akhir mendatang
dengan mudahnya kalimat itu berkumandang
"Seandainya ibuku tak melahirkan diriku
"Seandainya saja, aku adalah sebuah tongkat kayu"
Pertanda begitu hebatnya ketakutan yang bergelora dalam dada
Mengingat usia akan dipertanggungjawabkan pada waktunya

Ya Allah,
Ampuni hamba, yang sering lalai dan berdosa
Ampuni hamba, yang sering terlena pada nikmat dunia
Ampuni hamba, yang sering menganggap Engkau tidak akan murka
ketika hamba mengingkarimu dengan nyata
Ampuni hamba Ya Rabb..
Ampuni hamba..

Komentar